HARDWARE


BAB II
PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

2.1       Sistem bilangan.
Sistem Bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Basis yang dipergunakan masing-masing sistem bilangan tergantung dari jumlah nilai bilangan yang dipergunakan, yaitu:
­   sistem bilangan desimal dengan basis 10 (deca berarti 10), menggunakan 10 macam simbol bilangan.
­   sistem bilangan binari dengan basis 2 (binary berarti 2), menggunakan 2 macam simbol bilangan.
­   sistem bilangan oktal dengan basis 8 (octal berarti 8), menggunakan 8 macam simbol bilangan.
­   sistem bilangan hexadecimal dengan basis 16 (hexa berarti 6 dan deca berarti 10), menggunakan 16 macam simbol bilangan.
2.1.1 Sistem Bilangan Decimal
Sistem bilangan desimal menggunakan 10 macam simbol berbentuk 10 digit angka, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10. Bentuk nilai suatu bilangan desimal dapat berupa integer desiamal (decimal integer) atau pecahan desimal (decimal fraction).  Integer desimal adalah nilai desimal yang bulat, misalnya 2538 adalah integer desimal yang dapat diartikan:

 

2 x 103 =  2000
5 x 102 =    500
3 x 101 =      30
8 x 100 =        8
--------------------+
                2538

Absolute value merupakan nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Position value merupakan penimbang atau bobot dari masing-masing digit tergantung dari letak posisinya yaitu bernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya.

2.1.2 Sistem Bilangan Binari
Sistem bilangan binari menggunakan 2 macam simbol bilangan berbentuk 2 digit angka, yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan ini menggunakan basis 2. Misalnya nilai bilangan binari 1001 dapat diartikan dalam sistem bilangan desimal bernilai:
1   0  0  1





2.1.3 Sistem Bilangan Oktal
Sistem bilangan oktal (octal number system) menggunakan 8 macam simbol bilangan, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7. Sistem bilangan oktal menggunakan basis 8. Position value sistem bilangan oktal merupakan perpangkatan dari nilai 8 sebagai berikut:
Tabel 2.1 Position value bilangan oktal
Position digit (dari kanan)
Position value
1
2
3
4
5
80 =              0
81 =              8
82 =            64
83 =         512
84 =       4096

Misalnya bilangan oktal 1213 di dalam sistem bilangan desimal bernilai:
(1 x 83)            + (2 x 82) + (1 x 81) + (3 x 80)
= (1 x 512) + (2 x 64) + (1 x 8) + (3 x 1)
= 512 + 128 + 8 + 3
= 651
Dapat ditulis dengan notasi : 12138 = 65110

2.1.4 Sistem Bilangan Hexadesimal 
Sistem bilangan hexadesimal (hexadecimal number system) menggunakan 16 macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, dan F. Sistem bilangan ini menggunakan basis 16. Position value sistem bilangan hexadesimal merupakan perpangkatan dari nilai 16, sebagai berikut:

Tabel 2.2 Position value bilangan hexadesimal
Position digit (dari kanan)
Position value
1
2
3
4
5
160 =                   0
161 =                 16
162 =              256
163 =            4096
164 =          65536
Misalnya bilangan hexadesimal D6 di dalam sistem bilangan desimal bernilai:
D616     = (D x 161) + (6 x 160)
            = (13 x 16) + (6 x 1)
            = 208 + 6
            = 21410
2.2       Komponen-komponen komputer.
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1.            Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
    • Input/Output Device (I/O Device)
Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer, monitor
    • Storage Device (perangkat penyimpanan)
Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I,dll.
    • Casing Unit
Casing unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
    • Central Procesing Unit (CPU) Central Procesing Unit adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
    • Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
2.            Brainware (User), adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

2.3       Cara kerja komputer.
            Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut :
Gambar 2.1 Cara kerja komputer

Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
  • Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
Memori adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu ;
  • Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, al ;
    1. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
    2. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
    3. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
    4. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
  • Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.
Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input (input device), lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran (output device).

2.4       Perangkat input/output.

2.4.1    Input

Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian  dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu:
KEYBOARD




Gambar 2.2 Keyboard
Keyboard adalah piranti yang terdiri dari serangkaian tombol yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Tombol pada keyboard dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
·         Tombol alfanumerik (alphanumeric keys) yang terdiri dari huruf dan angka.
·         Tombol tanda baca (punction keys) yang terdiri dari tanda-tanya, titik, titik koma, dan  sebagainya.
·         Tombol khusus (special keys) seperti tombol fungsi, tombol Control, tombol panah, Tombol Caps Lock, dan sebagainya.
Layout standard tombol-tombol pada keyboard disebut. dengan keyboard QWERTY, karena enam huruf pertama pada baris teratas tombol huruf adalah QWERTY. Tidak ada keyboard komputer standard. Namun, pada dasarnya terdapat tiga macam keyboard PC: yaitu keyboard PC dengan 84 tombol (keyboard XT), keyboard AT dengan 84 tombol, dan keyboard AT yang telah ditingkatkan dengan 101 tombol. Ketiga keyboard ini berbeda pada layout tombol fungsi, tombol Control, tombol Enter, dan tombol Shift.
Keyboard yang dikembangkan oleh Microsoft juga berbeda dan menambahkan tombol-tombol yang lain yang terkait dengan fungsi Windows. Di negara-negara yang mempunyai huruf atau karakter khusus juga dikembangkan keyboard yang memudahkan pengetikan atau pemasukan data.

MOUSE


Gambar 2.3 Mouse
Ada 2 jenis mouse yang beredar di pasaran yaitu mouse bola dan mouse sinar. Mouse bola dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu tracking ball dan mouse biasa. Cara kerja mouse tracking ball adalah dengan menggerakkan bolanya secara langsung sedangkan mouse biasa dengan menggerakkannya. Mouse sinar bekerja dengan cara menggunakan sinar infra merah yang ditembakkan ke atas keping khusus. sinar ini digunakan untuk membaca kecepatan perubahan objek tersebut kemudian diadakan penyesuaian dengan kecepatan dan arah pergerakan cursor pada monitor. Yang termasuk jenis ini adalah mouse ballpoint berbentuk pena. Selain itu mouse juga dikenal ada yang bertombol 2 dan ada yang bertombol 3. Umumnya programprogram aplikasi menggunakan standar tombol mouse 2 yaitu Microsoft Mouse, tetapi sekarang banyak yang beredar mouse dengan pilihan 3 tombol dan disamping itu kadang program aplikasi menyediakan pilihan apakah akan memakai mouse bertombol 2 atau 3.
Sebelum menggunakan mouse, perlu diinstall softwarenya terlebih dahulu. Umumnya program mouse yang digunakan khusus untuk mouse tertentu saja sesuai dengan keluaran produksinya. Program tersebut bisa berbentuk execute program ataupun berbentuk device driver. Mouse dihubungkan secara hardware pada port I/O serial (COM) yang bisa dipilih pada saat diinstall.
SCANNER



Gambar 2.4 Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.
Voice recognition device



Gambar 2.5  Voice Recognition Device
Voice recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter. Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar kata-kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.

HANDWRITING


 




Gambar 2.6 Handwriting
            Handwriting recognition device digunakan untuk memasukkan data dengan cara menulis pada pad elektronis yang sensitif. Karakter-karakter tersebut dikenali dan dimasukkan ke dalam sistem komputer, biasanya suatu sistem PC (personal computer).

MICROPHONE

           
Gambar2.7 Microfone
Microphone hanya digunakan untuk memasukkan input berupa suara.Penggunaan Mic tentu saja memerluka perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu soundcard dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
MODEM (Mechine Data Input)




Gambar 2.8 Modem
            Modem merupakan salah satu jenis alat input data untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Jenis input hardware lainnya yaitu light pen yang digunakan untuk menunjuk item-item pada layar monitor dan bar code reader yang biasa digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi suatu jenis barang.

2.4.2    Output

Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Alat output dapat berbentuk :
1.        Hard copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya :
PLOTTER



Gambar 2.9 Plotter
Plotter mempunyai fungsi yang lebih rumit sehingga dapat digunakan untuk membuat grafik, diagram, peta, microfiche, dan microfilm.
PRINTER
Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah ‘printer’ saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi, jenis printer dan cara kerja printer, silahkan membaca kelanjutan artikel ini.
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

Jenis Printer
1.      Printer Dot-Matrix


Gambar 2.10 Printer Dot Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet danlaserjet.
     2. Printer InkJet




Gambar 2.10 Printer InkJet
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
      3. Laser Printer


Gambar 2.13Printer Laser
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.
2.        Soft copy, alat  yang digunakan untuk menampilkan tulisan,image pada media soft yang berupa sinyal elektronik. Misalnya :

MONITOR


Gambar 2.13 Monitor
Monitor ialah alat yang kelihatan seperti peti televisyen. Monitor juga dikenali dengan nama tiub sinar katod. Melalui monitor kita boleh melihat hasil pemprosesan (output) komputer. Jenis-jenis monitor adalah seperti berikut:
  Monitor Monokrom telah diperkenalkan pada tahun 1981. Monitor jenis ini biasanya memaparkan teks dalam warna hijau atau oren di atas latar belakang hitam. Terdapat juga monitor monokrom yang memaparkan teks dalam warna hitam di atas latar belakang putih. Grafik biasanya tidak dapat dipaparkan oleh monitor ini. Monitor warna lebih popular di kalangan pengguna yang memerlukan perisisan yang mengandungi grafik. Monitor warna boleh memaparkan teks dan grafik dalam pelbagai warna. Paparan kelihatan lebih menarik. Monitor warna digunakan dengan meluas oleh pelbagai lapisan masyarakat. Walau bagaimnanpun monitor monokrom masih lagi terdapat di kalangan mereka yang cuma memproses perkataan sahaja seperti di kalangan mereka yang cuma memproses perkataan sahaja seperti di kalangan jurutaip dan wartawan.       
Monitor CGA iaitu Color graphics Adapter ialah monitor warna yang paling murah. Monitor ini yang diperkenalkan pada tahun 1981 tidak sejelas monitro monokrom. Teks yang dipaparkan oleh monitor CGA tidak sehalus teks yang dipaparkan oleh monitor monokrom. Walau bagaimanapun, ia boleh memaparkan teks dan grafik dalam empat warna dalam setiap skrin. Monitor CGA banyak digunakan pada pertengahan 80-an. Kini monitor ini sudah tidak digemari lagi.